Waduk Wadaslintang Kebumen Wonosobo - Surganya Memancing Camping dan Liburan Santai

Waduk Wadaslintang Merupakan Salah Satu Objek Destinasi Wisata Yang Cukup Unik Karena Memang Disini Kita Bisa Menikmati Berbagai Keindahan Alam, Menikmati wisata Air, Karamba, Irigasi dan yang jelas Pastinya Kita Bisa Lihat Pembangkit Listrik Tenaga Air Disini. Destinasi Liburan Bendungan Wadaslintang ini Didirikan Di Dua Kabupaten Makanya Ada Banyak Orang Yang Suka Bingung Menyebutkan LOkasi Dari Objek Wisata Bendungan ini . Secara Fakta bendungan Waduk Wadaslintang ini Bangunanya Berdiri Di Wilayah Kabupaten Kebumen Namun Genangan Airnya Berada Di Area Kabupaten Wonosobo. jadi Sungai utama yang dibendung Untuk Membuat Bendungan Wadas ini adalah Sungai Bedegolan. Sedangkan sekitar 113 ha, termasuk kantor dan lokasi bendung, PLTA beserta dua saluran induk masuk ke Wilayah Kebumen.. Makanya Kalau Misalkan Disini Pas ada Even Maka Ada 2 Kabupaten Yang Ikut Sibuk Menyiapkan Semuanya.

Sejarah Bendungan Wadaslintang

Waduk Wadas ini Dibangun Pada Tahun 1982 Oleh kontraktor Hydro Resource Coorporation Filipina, bekerja sama dengan PT Brantas Abipraya dan Baru Selesai Pada Tahun 1988 Dan Diresmikan Oleh Bapak Presiden Suharto. Yang Unik Adalah Konstruksi beton bendungan wadaslintang ini banyak dikagumi pakar Arsitek dari negara asing karena Diperkirakan Ketahanan Bendungan ini mampu berusia sampai sekitar 200 tahun. Dengan Tinggi bendungan 116 m , lebar 10 m , panjang 650 m dan Mampu Menampung air maksimal 443 juta M3 Maka Waduk ini Bisa Dikategorikan Sebagai Bendungan Yang Cukup Dalam.
Waduk Wadaslintang Kebumen Wonosobo - Surganya Memancing Camping dan Liburan Santai

Fungsi Utama dari waduk ini Sebenarnya Sebagai Penampung Air dan Akan Disalurkan Sebagai Irigasi Untuk wilayah Kebumen dan Purworejo dan Ditargetkan Bisa Menambah Suplai Beras Indonesia. Namun Disamping itu Waduk ini Juga sangat cocok Dijadikan Wisata Alami dan Pemancingan Karena Luasnya Wilayah waduk ini. Kalau Misalkan Anda Datang Dihari Minggu Maka Akan Ada Banyak Turis DOmestik Yang mengunjungi Bendungan Wadaslintang ini.
Yang Unik dari Waduk Ini Adalah Pengelolaan Yang bergantian Antara Kabupaten Wonosobo dan Kebumen. Jadi Misalkan Tahun ini waduk Dikelola Oleh Daerah Wonosobo Maka tahun Berikutnya Pengelolaan Akan Diberikan Kepada Kebumen Dan Begitu Bergantian Seterusnya.

Akomodasi dan Transportasi

Bagi Sahabat TopWisata.Com Yang ingin Berkunjung Ke Bendugan Wadaslintang ini Jangan Khawatir Dengan Transportasinya Karena waduk ini sangat Dekat Dengan Jalan Provinsi Prembun Wonosobo. Disini Juga Sudah dilalui Transportasi Umum Angkutan Kecil dan Bus Besar jalur Prembun Wonosobo. jadi Sahabat Bisa menggunakan Semua Jenis Transportasi Kalai mau kesini. Motor, Mobil Pribadi Maupun Angkutan Umum Semuanya Bisa Langsung sampai KeWaduk ini. Cuma Kalau Pakai Angkutan Umum Harus Rela Jalan Kaki Lumayan Jauh Sekitar 1 Km Karena Pintu Masuknya Dengan Spot View Waduk Wadaslintang Cukup jauh.

Oh iya Untuk sampai Ke Sini Sahabat Bisa Memilih beberapa jalur. Kali ini Saya Akan Memberikan Panduan dari 2 Arah Yaitu dari Kebumen Timur ( Area Prembun ) dan Dari Arah Kebumen Barat ( kebumen Kota ).

1. Jalur Transportasi Dari Prembun
Kalau Sahabat Datang dari Timur Misal Jogja , Kutoarjo Maka Pastikan Kalau sudah Sampai RSUD Prembun Pelankan Mobil / MOtornya. Begitu Ada Pertigaan Yang Ada baterai ABC Besar Silakan Belok Kanan. Dari sini Sahabat akan Menempuh Jarak Sekitar 8 Km Ke Utara Dengan Jalan Yang Banyak Tanjakan dan Tikungan. Namun Jangan Khawatir karena Jalan Prembun wonosobo ini Sudah Hotmix Aspal halus Dan Lebar Karena sudah Standar jalan Provinsi. IKuti Saja Jalan ini sampai Ke Pasar Pon, Disitu Sudah Ada gapura Selamat Datang ke waduk Wadaslintang Di Sebelah Kiri Jalan.

2. Jalur Transportasi Ke Waduk Wadas Via Kebumen Kota
Kalau dari Kebumen Kota Maka Saya Sarankan Anda Menuju Ke Timur Arah Pasar bandung Sruni. Begitu Sampai Di Pertigaan Pasar Bandung Sruni Silakan belok Kanan Ke Arah Krakal. Ikuti Saja Terus Jalan itu Sampai ada Plank Penunjuk Jalan Arah Wadaslintang. Belok Kanan dan Ikuti Terus Jalan Utama ini. Ingat darisini Anda Masih Jauh Perjalananya Sekitar 45 Menitan. Jadi Siapkan Kekuatan Ya he he. Nanti Akan sampai Di Pintu Masuk Waduk Wadaslintang

Biaya Tiket Masuk ke Waduk Wadaslintang

Seingat Saya Untuk masuk Ke Area bendungan wadaslintang ini Kita Dibebani Dengan Biaya Sebagai Berikut :
a) Dewasa Rp. 4.000,00
b) Anak usia 5 (lima) tahun ke bawah Rp. 3.000,00
Mungkin Kalau Terjadi Perubahan Maka Tidak Terlalu banyak ( Mohon Sahabat TopWisata.Com Menghubungi Admin Kalau Misalkan Kami Salah Dalam  Menuliskan Biaya ini )
Nah Untuk Lebih Jelasnya Silakan Cek Langsung Beberapa Foto dan Videonya Dibawah ini

Foto dan Video Keindahan Destinasi Wisata Waduk Wadaslintang Bersama TopWisata.Com

Artikel TopWisata.Com Lainnya :

Scroll to top